Baterai lithium-karbon memungkinkan moped listrik diisi ulang dalam 90 detik
Pembuat Pakaian Jerman Mahle telah bekerja sama dengan pembuat baterai Allotrope Energy untuk mengajukan solusi pengisian cepat baru untuk kendaraan listrik. Baterai lithium-karbon baru duo ini meminjam elemen dari dunia supercapacitors untuk memberikan waktu pengisian yang setara dengan proses pengisian bahan bakar untuk kendaraan bertenaga pembakaran internal, dan menawarkan beberapa manfaat lingkungan lainnya saat berada di sana.
"Range anxiety sering dikutip sebagai penghalang utama untuk adopsi kendaraan listrik, tetapi jika baterai dapat diisi ulang pada saat yang sama yang diperlukan untuk mengisi bahan bakar kendaraan mesin pembakaran internal konvensional, banyak kekhawatiran itu hilang," kata Dr Mike Bassett, Kepala Penelitian Mahle Powertrain.
=====
Mahle, yang awal tahun ini mengungkapkan motor kendaraan listrik murah yang tidak menggunakan magnet, bekerja sama dengan Allotrope Energy untuk mengubah jenis pemikiran ini menjadi moped listrik, menunjuk pada meningkatnya penggunaan varian bertenaga bensin di kota-kota dalam menanggapi ekonomi sesuai permintaan. Idenya adalah untuk mengembangkan baterai lithium-karbon berkapasitas kecil yang murah yang dapat membuat kendaraan listrik ini bergerak, dengan waktu penghentian minimal yang diperlukan untuk pengisian ulang.
Solusi mereka terdiri dari anoda tingkat tinggi yang terlihat pada baterai lithium-ion tradisional, yang bergabung dengan jenis katoda yang terlihat dalam superkapasitor, dipisahkan oleh elektrolit organik. Hal ini diklaim membawa kepadatan daya yang luar biasa dan kemampuan pengisian supercapacitors menawarkan, dikombinasikan dengan kepadatan energi unggul baterai lithium, dengan sel lithium-karbon yang dihasilkan menawarkan tingkat pengisian cepat hingga 20 kW.
"Dengan meningkatnya ekonomi on-demand, telah terjadi peningkatan pesat dalam penggunaan moped bertenaga bensin untuk pengiriman perkotaan seperti makanan take-away, dan ini telah berkontribusi pada masalah kualitas udara di kota-kota kami," kata Bassett. "Dekarbonisasi pengiriman ini sejauh ini terbukti sulit tanpa mempertahankan stok baterai mahal yang dapat dipertukarkan atau beralih ke kendaraan listrik yang lebih besar dan lebih berat dengan peningkatan konsumsi energi."
Bassett mempresentasikan terobosan di acara Cenex Low Carbon Vehicle di Inggris minggu ini.